Pantai Minang Rua : Tiket Harga Masuk, Foto dan Lokasi

Pantai Minang Rua, adalah kawasan wisata bahari yang ada di Lampung Selatan. Jika berkunjung ke Lampung, jangan lupa sempatkan mampir ke pantai untuk sekedar santai bersama keluarga atau teman teman.
Mengunjungi pantai ini akan disuguhi  hamparan pasir putih yang dikelilingi bukit bukit  dan pepohonan rindang nan cantik. Suasananya juga sejuk. Keindahan pantai minang rua membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata baru yang hits di lampung, utamanya lampung selatan.
Nah berikut selengkapnya ulasan pantai minang rua lengkap dengan lokasi, fasilitas, biaya tiket masuk dan informasi lainnya seputar pantai  minang rua.
Lokasi pantai minang rua ada sebelah barat pelabuhan Bakauheni, atau kurang lebih 6 kilometer. Dengan jarak tempuh kurang lebih 15 menit.
Secara administratif, pantai minang rua terletak di Kelurahan Kelawi Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.
Akses jalan menuju ke pantai minang rua bisa melalui jalinsum alias jalan lintas sumatera tanpa harus masuk ke jalan tol.
Dan jika menuju pantai minang rua dari kota Bandar Lampung. Jarak tempuhnya kurang lebih 92 kilometer lewat tol. Lalu keluar gerbang tol bakauheni utara memerlikan waktu kurang lebih 1,5 jam
Rute menuju pantai minang rua cukup mudah diakses. Bisa buka peta Google Maps. Berikut rute yang bisa dilalui.

Jika anda tak ingin tanya tanya orang di jalan, anda bisa ikuti panduan google maps.
Untuk liburan di pantai minang rua, dikenakan biaya tiket masuk murah. begitu juga ketika ingin sewa pondokan biaya terjangkau. Untuk biaya tiket masuk: Rp. 5.000 perorang dan sewa pondokan: Rp. 25.000. Kalau anda datang berempat misalnya, hanya dikenakan biaya Rp.20 ribu saja sudah termasuk parkir.
Daya tarik pertama pantai Minang Rua, yaitu terdapat hamparan pasir yang membentang luas. Memanjang kurang lebih 300 meter mulai dari utara ke selatan dan pantainya datar.
Menariknya, ada bagian pantai dimana pasirnya merupakan hasil endapan pasir yang dibawa dari sungai.  Terbawa aliran sungai serta tertahan ombak laut. Sehingga muara sungai tertutup pasir.
Padahal sebelumnya pantai Minang Rua cuma punya sedikit pasir dsn saat ini banyak pasir. Kabarnya, karena adanya kiriman pasir dari proses land clearing pembangunan jalan tol.
Daya tarik lain dari Minang Rua, anda bisa melihat fenomena alam unik yaitu seperti gua alami namanya gua lalai. Ukuranya memang tak besar seperti gua gua pada umumnya. Tapi bisa dijadikan edukasi untuk anak anak. Bisa dijadikan spot foto unik.
Adanya hamparan pasir luas, sehingga beberapa penyu bertelur di pantai Minang Rua.  Anak-anak penyu atau disebut tukik ini dilindungi selama proses penetasan.
Warga dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) setempat melindungi tukik ini hingga berhasil menetas dengan selamat. Lalu dirilis kembali ke habitatnya. Adanya tukik dipantai Minang Rua menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.
Daya tarik berikutnya di pantai Minang Rua  adalah airnya jernih. Jadi cocok untuk berenang bareng teman atau keluarga. Namun tetap hati hati ya. Selalu berenang dalam batas aman.
Situasi pantai yang posisinya seakan menghadap arah Barat, pastinya membuatnya sebagai spot keren untuk menyaksikan sunset atau matahari terbenam. Sebaiknya abadikan momen ini menggunakan kamera karena suasana pemandangan nya begitu cantik.
Daya tarik lainya pantai Minang Rua adalah adanya Green Canyon.  Ini adalah spot berupq lekukan yang terbentuk alami daei batuan karang. air laut di green canyon ini nampak biru dan jernih. Anda bisa ambil foto di green canyon ini.
Pengunjung juga bisa renang di green canyon ini. Untuk lokasi green canyon masih di kawasan pantai. Yakni di ujung kiri pantai minang rua. Menuju kesini dari pantai perlu berjalan kurang lebih 300 meter melewati batuan karang.
Pantai minang rua sudah didukung beberapa fasilitas membuat liburan makin nyaman. Seperti warung makan, mushola, toilet, tempat bilas dan sewa pondokan. Pantai ini juga dijaga kebersihannya oleh pengelola.
Dari semua yang tersedia di pantai minang rua, kesimpulanya bahwa pantai ini perlu untuk dikunjungi saat liburan atau weekend. Disamping lokasinya dekat pusat kota bandar lampung dan aksesnya cukup mudah, liburan di pantai ini bisa jadi pilihan untuk sekedar habiskan liburan singkat.

Pantai ini biasanya ramai pengunjung saat weekend. Jika memilih suasana pantai sepi, bisa mengunjunginya saat hari kerja. Jadi suasana lebih tenang untuk menyegarkan kembali pikiran.

source

Leave a Comment