6 Keuntungan Menggunakan Cold Storage, Wajib Paham!

Cold Storage adalah ruang yang paling efektif untuk penanganan massal barang-barang yang mudah rusak, terutama buah-buahan dan sayuran, antara produksi dan pemasaran.

Ini digunakan untuk mengawetkan komoditas tersebut dalam keadaan segar dengan mengendalikan berbagai gas, menjaga suhu dan kelembaban yang memadai di dalam sistem penyimpanan. Cold Room Chiller memiliki aplikasi dalam industri makanan dan berbagai sektor lainnya seperti farmasi, bioteknologi, dan bidang medis.

Di dunia yang diselimuti oleh globalisasi, konsumsi berbagai produk dan barang telah meningkat tajam. Ada banyak keuntungan dari Cold Storage barang, dan beberapa diekstrapolasi secara rinci di bawah ini.

1. Memperpanjang Umur Simpan Buah dan Sayuran

Penyimpanan dingin, sesuai dengan namanya, adalah prosedur di mana barang-barang yang mudah rusak disimpan di bawah suhu yang lebih rendah dari rata-rata, dan dilakukan dengan beberapa cara.

Ada lemari pendingin gudang, penyimpanan atmosfer terkontrol di mana berbagai gas seperti oksigen, karbon dioksida, karbon monoksida, nitrogen diatur melalui perangkat presisi dan instrumen khusus untuk menjaga produk pasca panen sesegar mungkin. Penyimpanan atmosfer terkendali dilakukan dengan menurunkan kadar oksigen yang membantu mengurangi respirasi antara buah dan sayuran dan meningkatkan karbon dioksida.

Kelembaban memainkan peran penting, dan sebagian besar sistem pendingin memiliki pengaturan untuk mempertahankan kontrol suhu yang memadai. Buah musiman yang hanya bisa diproduksi dalam jumlah bulan tertentu bisa bertahan lebih lama, berkat teknologi cold storage.

2. Kontrol Suhu

Fasilitas penyimpanan dingin memberi pelanggan banyak pilihan dalam hal preferensi. Penyimpanan dingin menawarkan kontrol suhu yang mudah diakses yang dapat digunakan untuk berbagai jenis produk seperti buah-buahan, sayuran, obat-obatan, dll.

Sistem pendingin penyimpanan dingin dapat disesuaikan dan dilengkapi dengan kontrol suhu yang dapat dipantau dan diubah dari jarak jauh. Sesuai kebutuhan produk pelanggan, kontrol suhu dapat disesuaikan.

3. Hemat biaya

Salah satu keuntungan paling signifikan dari penyimpanan dingin massal adalah menghemat banyak uang bagi pelanggan. Untuk industri makanan, perhatian utama adalah tentang efektivitas biaya dan umur panjang produk.

Karena cold store menjaga pembusukan produk seminimal mungkin, mereka menghemat banyak uang. Ada banyak perkembangan terbaru dalam teknologi penyimpanan dingin, dan salah satunya adalah penyimpanan yang dikendalikan oleh gas yang menjaga tekanan serendah 0,8 bar, yang menghemat banyak energi.

4. Transportasi Produk

Unit penyimpanan dingin portabel adalah keuntungan besar bagi semua industri yang membutuhkan produk mereka untuk disimpan dan diangkut pada suhu rendah. Unggas, produk susu, bahan makanan beku, dan lain-lain harus diangkut dari fasilitas penyimpanan ke distribusi dan toko eceran, dan itu tidak dapat dilakukan pada suhu biasa. Bahkan sedikit perubahan suhu dapat menyebabkan produk tersebut rusak dan tidak dapat dipasarkan. Unit penyimpanan dingin portabel ini juga digunakan untuk mengangkut bahan kimia yang sangat reaktif yang tidak mungkin untuk diangkut. Transportasi yang aman dari zat tersebut tidak akan mungkin terjadi tanpa teknologi ini.

5. Mengosongkan Ruang

Mengelola produk grosir bisa menjadi tantangan yang luar biasa, tetapi terlebih lagi dengan barang yang mudah rusak yang sensitif terhadap suhu. Menyimpan barang-barang yang mudah rusak di toko ritel merupakan hal yang sulit karena membutuhkan banyak ruang di dalam toko. Menambahkan sistem pendingin di ritel atau area kecil lainnya membutuhkan lebih banyak lahan, yang tidak terjangkau dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, gudang penyimpanan dingin adalah solusi satu atap untuk menyimpan semua produk makanan massal sebelum pergi ke toko ritel.

Menyimpan semua barang tersebut di satu tempat membantu mengkonsolidasikan inventaris dan membuatnya lebih layak untuk melacak penjualan dan pembelian. Mengatur suhu dan suasana di cold storage juga lebih mudah daripada melakukannya di toko retail.

6. Penyimpanan Bahan Kimia

Dalam industri kimia, banyak zat yang rentan terhadap reaksi yang mudah menguap dan perlu disimpan pada suhu yang konsisten. Dalam banyak reaksi kimia, pelarut digunakan dan hanya dapat disimpan jika dikondensasi pada suhu rendah. Keuntungan lain termasuk kemungkinan menyimpan senyawa tertentu seperti bahan peledak dan karet alam untuk waktu yang lama pada suhu rendah. Senyawa tersebut dapat terurai atau menguap pada suhu kamar sebaliknya.

Penyimpanan dingin telah menjadi anugerah bagi industri makanan dan memungkinkan kelebihan makanan untuk dimanfaatkan pascapanen dengan cara yang tidak mungkin dilakukan sebaliknya. Industri makanan dan banyak bidang lainnya telah mendapat manfaat dari teknologi pendinginan skala besar dan memberikan akses ke manfaat di seluruh negara. Produk mentah, makanan olahan, dan daging hanyalah beberapa contoh makanan yang tersedia sepanjang tahun karena penyimpanan dingin.

Proses ini telah memungkinkan akses yang mudah dan menawarkan banyak pilihan makanan yang menguntungkan para pemangku kepentingan dalam produksi, pemasaran, dan distribusi tanaman dan bisnis pertanian.

Nyawa orang telah diselamatkan karena perkembangan transplantasi organ dan penerapan penyimpanan dingin dalam pengobatan. Industri rantai dingin di India adalah sektor yang sedang naik daun dan diproyeksikan akan tumbuh pada tingkat 9% per tahun.

Pengembangkan rantai pasokan yang efisien yang mencakup sistem penyimpanan dingin dapat menghemat hingga 300 miliar dalam setahun dan mencegah berton-ton pemborosan produk makanan organik.

Leave a Comment